Jumat, 03 Februari 2012

BERSYUKUR



Nikmat dari Tuhan hanya bisa dirasakan sedikit dan sebentar, jika terlalu banyak sudah tidak bisa dirasakan lagi nikmatnya.

Contoh : Jika kita makan es krim satu gelas akan terasa nikmat, tapi jika satu drum..?
Kalau kita selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Alloh , maka nikmat itu akan terasa lama kita rasakan. Orang yang selalu bersyukur akan selalu merasakan nikmat Alloh dan akan selalu merasakan kebahagiaan, karena bersyukur itu penting dan mutlak.

Syarat-syarat bersyukur

Hati tidak merasakan memiliki dan tidak merasa dimiliki oleh karena segala sesuatu yang di dunia ini hanyalah milik Alloh, segala sesuatu yang kita miliki hanya titipan Alloh dan sifatnya tidak abadi. Oleh karena semua hanya milik Alloh sebaiknya tidak perlu bersikap sombong dengan apa yang kita miliki. Biasany orang yang tidak memiliki iman yang kuat hidupnya merasa sengsara, biarpun hartanya melimpah.

Orang-orang seperti ini biasanya mempunyai karakter sbb :

ü  Jika punya banyak harta menjadi tambah sombong
ü  Jika punya harta sedikit menjadi minder alias gak percaya diri
ü  Jika melihat orang lain sukses menjadi curiga
ü  Jika melihat orang lain mendapatkan harta maka menjadi iri hati
ü  Merasa ketakutan jika hartanya diambil orang
ü  Mempunyai sifat ingin dipuji, dihormati dihargai. Jika tidak dihargai maka akan merasa sakit hati

Bagaimana kita bersikap baik adalah tidak menganggap diri kita lebih tinggi dari orang lain, jika ada orang lain yang bersikap sombong dan menghina sesungguhnya kita akan lebih muliajika kita menjadi orang yang selalu memaafkan.

Jika diberi nikmat, maka selalu rajin mengucapkan syukur kepada Alloh. Baik syukur berupa ucapan dan perbuatan. Supaya rajin memuji Alloh, sering-seringlah melihat kebawah, jangan mempersulit diri dengan pikiran-pikiran negative.
Kita boleh memiliki keinginan tapi janganlah tersiksa oleh keinginan itu sendiri, banyak-banyak bersyukur dan bersabar akan membuat hati lebih bahagia.

Orang yang bersyukur merupakan orang yang selalu tahu berterima kasih, dengan mengingat kebaikan orang lain dan melupakan kesalahan orang lain.

Memanfaatkan nikmat yang diperoleh untuk mendekatkan diri kepada Alloh yaitu :

“ Merasakan senang dengan nikmat yang diberi, berterima kasih kepada yang member dan menggunakan nikmat yang diterima untuk mendekatkan diri kepada yang memberi “




Tidak ada komentar: