Rantai
terdiri atas potongan-potongan antara satu segel (shackle) dengan segel lainnya
yang berupa potongan panjangnya masing-masing 15 fathoms (depa)Oleh Lioyd’s
Register ditentukan bahwa satu segel panjangnya 15 fathoms = 27,45 atau 25 m.
kemudian oleh Germanisher Lloyd dirumuskan bahwa panjang 1 segel adalah 15
fathoms = 25 m.
Mata
rantai merupakan bagian dari rantai jangkar yang berbentuk lonjong,
mata-mata rantai itu ditengah-tengah diberi “dam” kecuali mata rantai yang
berada pada ujung-ujung dari setiap panjang 15 fathoms sebelah kiri dan kanan
dari segel (shackle). Dam-dam tersebut gunanya untuk menjaga agar rantai tidak
berputar. Mata rantai yang tidak memakai dam ukurannya lebih besar bandingkan
dengan mata rantai biasa.
Segel-segel
biasa (normal connecting shackle) yang menghubungkan tiap 15 fathoms panjang
rantai harus dipasang dengan lengkungnya menghadap kearah jangkarnya, agar
supaya pada waktu lego jangkar tidak merusak mata spil jangkar. Agar supaya
baut segel biasa tidak dapat berputar maka bentuknya lonjong dan di sebelah
luarnya harus rata. Setelah pen dimasukkan, agar tidak lepas maka ujungnya
ditutup dengan timah yang dipanasi. Pada saat segel biasa (normal shackle)
dilewati mata spil jangkar akan sering timbul kerusakan pada sisi segel xx
sendiri karena bentuknya yang berlainan dengan mata rantai xx biasa. Oleh
karena itu kapal-kapal kebanyakan menggunakan segel enter (Kenter shackle)
Segel
Kenter terdiri dari :
Setengah
bagian segel, yang dapat di geserkan melintang masing-masing, dan pada arah
memanjangnya dapat mengunci. Dam dipasang ditengah-tengah, apabila dam dipasang
, maka bagian-bagian tadi tidak dapat digeserkan dalam arah melintang lagi.
Sebuah borg pen masuk melalui mata rantai dam tadi, sebelah borg pen ini terpasang maka mata rantainya tidak akan terlepas lagi. Pen ini kemudian ditutup dengan timah agar tidak terlepas. Bentuk dan ukuran segel kenter sama dengan mata rantai biasa.
Sebuah borg pen masuk melalui mata rantai dam tadi, sebelah borg pen ini terpasang maka mata rantainya tidak akan terlepas lagi. Pen ini kemudian ditutup dengan timah agar tidak terlepas. Bentuk dan ukuran segel kenter sama dengan mata rantai biasa.
Swivel
( kili-kili ) ==> Peranti / perangkat mata rantai yang memungkinkan
jangkarberputar, tanpa mengakibatkan rantai yang dipasang sebelum atau di
belakang perangkat tersebut terpuntir.
Crab
Link (Mata rantai kepiting ) ==> Salah satu jenis mata rantai yang di
pasang pada ujung rantai pengikat balok-balok dan lain-lain. Tidak
berbentuklingkaran tetapi menyerupai kepiting.
Sedangkan
yang pertama menjadi 15 fathoms yang terakhir, pada waktu kapal naik
dok yang berikutnya juga dilakukan demikian pula. Jadi pada waktu yang
kedua segel (15 fathoms) yang ketiga sebelum dok pertama tadi sekarang menjadi
segel pertama dan segel kedua sebelum dok pertama sekarang menjadi segel
terakhir. Dengan demikian apabila kapal tersebut mempunyai 10 segel (150
fathoms), maka setelah 9 kali dok, segel pertama yang dipindahkan menjadi segel
terakhir atau kembali lagi menjadi segel pertama.
Jangan
sampai terjadi bahwa setiap kali dok rantainya hanya dibalik saja, yaitu segel
terakhir menjadi segel pertama dan begitupun selanjutnya pada dok berikutnya.
Sehingga yang mengalami keausan adalah bagian-bagian ujung-ujungnya saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar