NOON REPORT (
LAPORAN TENGAH HARI )
PT.MARGO INDONESIA SERVICESTAMA
JAKARTA
NOON REPORT
|
||||||||||
Date
|
2012
|
Voy: /2012
|
||||||||
Ship Name
|
||||||||||
From
|
||||||||||
Destination
|
||||||||||
Latitude
|
||||||||||
Longitude
|
||||||||||
Course
|
||||||||||
Distance Run
|
NM
|
|||||||||
Steam.Time
|
HH.MM
|
|||||||||
Av.speed
|
Kts
|
|||||||||
Ttl.dist.run
|
NM
|
|||||||||
Ttl.Steam.time
|
HH.MM
|
|||||||||
Gen.Av.speed
|
Kts
|
|||||||||
Dist.togo
|
NM
|
|||||||||
Sea Condition
|
||||||||||
Wind Dir&Force
|
||||||||||
Remarks
|
SPD
(kts)
|
D
|
H
|
M
|
DATE
|
TIME
|
||||
LT
|
||||||||||
LT
|
||||||||||
LT
|
||||||||||
RPM / CPP
|
||||||||||
ROB :
|
||||||||||
Cons. Cyl Oil
|
Ltr
|
Rem. Cyl Oil
|
Ltr
|
|||||||
System Oil
|
Ltr
|
System Oil
|
Ltr
|
|||||||
FO
|
Ltr
|
FO
|
Ltr
|
|||||||
DO
|
Ltr
|
DO
|
Ltr
|
|||||||
Prepared by :
Master Chief Eng 2nd Officer
|
||||||||||
KETERANGAN :
TANGGAL :
Tanggal Hari ini
VOYAGE :
Voyage Sekarang
SHIP NAME :
Nama Kapal
FROM :
Pelabuhan Asal
DESTINATION :
Pelabuhan Tujuan
LATITUDE :
Posisi Lintang pada jam 12.00lt Hari ini
LONGITUDE :
Posisi Bujur pada jam 12.00lt hari ini
COURSE :
Haluan Sejati , Hluan yang tertera di Peta
DISTANCE RUN :
Jarak yang telah ditempuh, dimulai dari BOSV / FULL
AWAY atau jarak yang ditempuh dari jam 12.00lt kemarin
sampai dengan jam 12.00lt hari ini.
STEAMING TIME :
Waktu yang telah ditempuh, dimulai dari BOSV / FULL
AWAY s/d jam 12.00 Hari ini Atau..
Waktu dari jam 12.00 Kemarin s/d Jam 12.00 hari ini
AVERAGE SPEED :
Kecepatan rata-rata yang telah ditempuh, dimulai dari
BOSV / FULL AWAY s/d Jam 12.00 hari ini ... atau
Jumlah Kecepatan rata-rata dari jam 12.00lt kemarin
Jumlah Kecepatan rata-rata dari jam 12.00lt kemarin
sampai dengan jam 12.00lt hari ini.
( DISTANCE RUN dibagi
dengan STEAMING TIME )
TOTAL DISTANCE RUN :
Total Jarak yang telah ditempuh, dimulai dari BOSV /
FULL AWAY sampai dengan posisi jam 12.00lt hari ini
TOTAL STEAMING TIME :
Total Waktu yang telah ditempuh, dimulai dari BOSV /
FULL AWAY sampai dengan jam 12.00lt
hari ini
GENERAL AVERAGE SPEED :
Total Kecepatan rata-rata yang telah ditempuh, dimulai
dari BOSV
/ FULL AWAY sampai dengan jam 12.00lt hari
ini.
( TOTAL DISTANCE RUN dibagi dengan TOTAL STEAMING TIME )
DISTANCE TOGO :
Total sisa jarak yang akan ditempuh
SEA CONDITION :
Keadaan Laut
WIND DIRECTION&FORCE :
Arah dan Kekuatan Angin
RPM/CPP :
Nilai RPM Didapat dari RPM Meter / Nilai CPP didapat
dari CPP Meter di Anjungan
CARA
PERHITUNGAN ETA ( ESTIMATED TIME ARRIVAL )
PERKIRAAN KAPAL
TIBA DITUJUAN
Tanggal 17 Oktober 2012 MT.REOLA RIBKA Berlayar dari
JAKARTA tujuan KABIL,BATAM
Dengan jarak : 489.16 NM.
BOSV / FULLAWAY : Jam 14.00LT
Catatan : Karena kapal berangkat diatas jam 12.00lt, maka
Noon Report tidak dibuat. Sehingga pada tanggal 18 Oktober 2012 jam 12.00lt
baru dibuat.
BOSV ( Beginning Of Sea Voyage ) = PERMULAAN PELAYARAN
LEMBAR PERTAMA : NOON REPORT TANGGAL 18 OKTOBER 2012
PT.MARGO INDONESIA SERVICESTAMA
JAKARTA
NOON REPORT
|
||||||||||
Date
|
18 Oktober 2012
|
Voy: X /
2012
|
||||||||
Ship Name
|
MT.REOLA RIBKA (PNMW)
|
|||||||||
From
|
JAKARTA
|
|||||||||
Destination
|
KABIL,BATAM
|
|||||||||
Latitude
|
03-32.73 S
|
|||||||||
Longitude
|
106-51.81 E
|
|||||||||
Course
|
010
|
|||||||||
Distance Run
|
150 NM
|
|||||||||
Steam.Time
|
22.00 HH.MM
|
|||||||||
Av.speed
|
6.81 Kts
|
|||||||||
Ttl.dist.run
|
150 NM
|
|||||||||
Ttl.Steam.time
|
22.00 HH.MM
|
|||||||||
Gen.Av.speed
|
6.81 Kts
|
|||||||||
Dist.togo
|
339.16 NM
|
|||||||||
Sea Condition
|
SMOOTH
|
|||||||||
Wind Dir&Force
|
N.2
|
|||||||||
Remarks
|
SPD
(kts)
|
D
|
H
|
M
|
DATE
|
TIME
|
||||
7
|
2
|
0
|
27
|
20/10
|
12.27LT
|
|||||
7.5
|
1
|
21
|
13
|
20/10
|
09.13LT
|
|||||
8
|
1
|
18
|
23
|
20/10
|
06.23LT
|
|||||
RPM / CPP
|
130
/ 14
|
|||||||||
ROB :
|
||||||||||
Cons. Cyl Oil
|
Ltr
|
Rem. Cyl Oil
|
Ltr
|
|||||||
System Oil
|
Ltr
|
System Oil
|
Ltr
|
|||||||
FO
|
Ltr
|
FO
|
Ltr
|
|||||||
DO
|
Ltr
|
DO
|
Ltr
|
|||||||
Prepared by :
Master Chief Eng 2nd Officer
|
||||||||||
KETERANGAN : LEMBAR PERTAMA
Distance run : 150 NM Jumlah jarak yang telah ditempuh dari jam 14.00lt tgl 17.10.2012 s/d jam 12.00lt tgl 18.10.2012
STEAMING TIME : 22.00 Adalah jumlah waktu/jam dari jam 14.00lt tgl 17.10.2012 s/d Jam 12.00lt tgl 18.10.2012
LEMBAR KEDUA : NOON REPORT TANGGAL 19 OKTOBER 2012
PT.MARGO INDONESIA SERVICESTAMA
JAKARTA
NOON REPORT
|
||||||||||
Date
|
19 Oktober 2012
|
Voy: X /
2012
|
||||||||
Ship Name
|
MT.REOLA RIBKA (PNMW)
|
|||||||||
From
|
JAKARTA
|
|||||||||
Destination
|
KABIL,BATAM
|
|||||||||
Latitude
|
01-09.35 S
|
|||||||||
Longitude
|
106-00.51 E
|
|||||||||
Course
|
326
|
|||||||||
Distance Run
|
158 NM
|
|||||||||
Steam.Time
|
24.00 HH.MM
|
|||||||||
Av.speed
|
6.58 Kts
|
|||||||||
Ttl.dist.run
|
308 NM
|
|||||||||
Ttl.Steam.time
|
46.00 HH.MM
|
|||||||||
Gen.Av.speed
|
6.69 Kts
|
|||||||||
Dist.togo
|
181.16 NM
|
|||||||||
Sea Condition
|
SMOOTH
|
|||||||||
Wind Dir&Force
|
NW.2
|
|||||||||
Remarks
|
SPD
(kts)
|
D
|
H
|
M
|
DATE
|
TIME
|
||||
7
|
1
|
1
|
52
|
20/10
|
13.52LT
|
|||||
7.5
|
1
|
0
|
09
|
20/10
|
12.09LT
|
|||||
8
|
-
|
22
|
38
|
20/10
|
11.38LT
|
|||||
RPM / CPP
|
130
/ 14
|
|||||||||
ROB :
|
||||||||||
Cons. Cyl Oil
|
Ltr
|
Rem. Cyl Oil
|
Ltr
|
|||||||
System Oil
|
Ltr
|
System Oil
|
Ltr
|
|||||||
FO
|
Ltr
|
FO
|
Ltr
|
|||||||
DO
|
Ltr
|
DO
|
Ltr
|
|||||||
Prepared by :
Master Chief Eng 2nd Officer
|
||||||||||
KETERANGAN : LEMBAR KEDUA
Distance run : 158 NM Jumlah jarak yang telah ditempuh dari jam 12.00lt tgl 17.10.2012 s/d jam 12.00lt tgl 18.10.2012
STEAMING TIME : 24.00 Adalah jumlah waktu/jam dari jam 12.00lt tgl 17.10.2012 s/d Jam 12.00lt tgl 18.10.2012
LEMBAR KETIGA : NOON REPORT TANGGAL 20 OKTOBER 2012
PT.MARGO INDONESIA SERVICESTAMA
JAKARTA
NOON REPORT
|
||||||||||
Date
|
20 Oktober 2012
|
Voy: X /
2012
|
||||||||
Ship Name
|
MT.REOLA RIBKA (PNMW)
|
|||||||||
From
|
JAKARTA
|
|||||||||
Destination
|
KABIL,BATAM
|
|||||||||
Latitude
|
00-57.23 N
|
|||||||||
Longitude
|
104-13.86 E
|
|||||||||
Course
|
314
|
|||||||||
Distance Run
|
168 NM
|
|||||||||
Steam.Time
|
24.00 HH.MM
|
|||||||||
Av.speed
|
7.00 Kts
|
|||||||||
Ttl.dist.run
|
476 NM
|
|||||||||
Ttl.Steam.time
|
70.00 HH.MM
|
|||||||||
Gen.Av.speed
|
6.8 Kts
|
|||||||||
Dist.togo
|
13.16 NM
|
|||||||||
Sea Condition
|
SMOOTH
|
|||||||||
Wind Dir&Force
|
NW.3
|
|||||||||
Remarks
|
SPD
(kts)
|
D
|
H
|
M
|
DATE
|
TIME
|
||||
7
|
-
|
1
|
52
|
20/10
|
13.52LT
|
|||||
7.5
|
-
|
1
|
45
|
20/10
|
13.45LT
|
|||||
8
|
-
|
1
|
38
|
20/10
|
13.38LT
|
|||||
RPM / CPP
|
130
/ 14
|
|||||||||
ROB :
|
||||||||||
Cons. Cyl Oil
|
Ltr
|
Rem. Cyl Oil
|
Ltr
|
|||||||
System Oil
|
Ltr
|
System Oil
|
Ltr
|
|||||||
FO
|
Ltr
|
FO
|
Ltr
|
|||||||
DO
|
Ltr
|
DO
|
Ltr
|
|||||||
Prepared by :
Master Chief Eng 2nd Officer
|
||||||||||
SOAL :
KAPAL BERANGKAT DARI SURABAYA TGL 01 SEP 2012 JAM 12.00LT
JARAK : 360NM
SPEED : 9.5
DITANYA : KAPAN KAPAL TIBA JAKARTA?
JAWAB:
CARA PERTAMA :
KAPAL BERANGKAT
TGL 01 SEP 2012 JAM 12.00LT
JARAK dibagi SPEED = dibagi 24 = ( hari ) dikurangi angka
didepan koma= dikali 24 = ( jam ) dikurangi angka didepan koma = dikali 60=
(menit)
360/9.5=40/24=1.57894 ( 1 HARI )
1.57894-1=0.57894X24=13.89456 (13 JAM )
13.89456-13=0.89456X60=53.6736 ( 53 MENIT ATAUDIBULATKAN 54 MENIT )
JADI = 1 HARI,13
JAM, 54 MENIT
ATAU = 1 HARI + 13 JAM + 54 MENIT
= 37 JAM 54 MENIT
= TGL 03 SEP , JAM 01.54LT ( DIHITUNG DARI TGL 01 SEP
2012 JAM 12.00LT )
CATATAN :
Perhitungan ETA tidak terpaku pada jam 12.00LT atau pada jam tertentu, tapi
untuk mencocokan hasilnya buat persamaan perhitungan ETA dengan cara KEDUA saya bikin dimulai jam 12.00LT. Sehingga akan
mendapatkan hasil yg sama.
CARA KEDUA :
KAPAL BERANGKAT
TGL 01 SEP 2012 JAM 12.00LT
Jarak dibagi speed = ditambah 12 = dibagi 24 = ( hari ) dikurangi angka
didepan koma= dikali 24 = (jam) dikurangi angka didepan koma = dikali 60 = (
menit )
360/9.5=37.89475 + 12 = 49.89475 / 24 = 2.07894 ( hari )
2.07894-2=0.07894x24= 1.89456 ( jam )
1.89456-1=0.89456x60=53.67360 ( menit ) DIBULATKAN 54
MENIT
JADI ETA JAKARTA : TANGGAL 03 SEP …..
JAM 01.54LT ......atau
( 1 HARI 13 JAM 54 MENIT ) Karena perhitungannya dimulai dari
setiap jam 12.00lt
CATATAN : ditambah 12 karena Perhitungan ETA dimulai jam
12.00lt saat Noon Report ( KAPAL DALAM PELAYARAN )
Perhitungan ETA Dihitung
mulai jam 12.00 TGL 01 SEP ( hari ini ) sampai dengan jam 12.00
tgl 02 SEP (
hari besok ) = 24 jam ( 1 hari )
SISANYA YANG 13
JAM DITAMBAHKAN Dari jam 12.00 tgl 02 SEP ( siang besok ) = JAM 01, MENITNYA 54 , DAN SUDAH MASUK tanggal 03 SEPTEMBER = TGL 03 SEP JAM 01.54LT
KESIMPULAN :
1.Jawaban cara pertama untuk mencari : Berapa hari? Berapa jam? Berapa menit?
2.Jawaban cara kedua untuk mencari : Hari apa/Tanggal berapa? Jam berapa ? menit
keberapa?